Gagal Donor Darah (LAGI)

11.21

Kemarin ini, salah satu perusahaan di Office Tower tempat gue bekerja mengadakan donor darah. Gue langsung excited, karena memang merasakan donor darah dan tahun lalu gue batal donor darah karena Hemoglobin (HB) gue rendah. So kali ini gue lebih mempersiapkan diri dengan tidur malam cukup, 5-6jam, walaupun menurut standar gue yang namanya tidur cukup itu 8 jam! Sekiyan :p



Karena tau mau donor darah, hari rabu pagi gue sarapan yang cukup sehat yaitu bihun kuah dan telor rebus sebagai cadangan juga supaya nggak lemes atau pingsan. Gue masih berat soalnya kalo pingsan bikin orang repot.

Seperti biasa kalau kita mau donor darah, kita harus mengisi form data diri dan riwayat kesehatan. Setelah itu kita ditensi tekanan darahnya, tekanan darah gue sih normal, 110/80. Tibalah di bagian tes HB, gue cukup tenang dan pede sih kalo HB gue cukup. Ternyata ohh ternyata, HB gue dibawah 12.5!! Jeng jeng. Lagi lagi gagal. Huhuhu. Gue nanya sama Mbak PMI kenapa HB gue bisa rendah, padahal gue merasa sehat. Temen gue langsung nyeplos, ‘Dia diet tuh mbak’. Trus Mbak PMI bilang, ‘iya mbak bisa jadi tuh karena diet, karena pola makan yang nggak teratur trus mungkin mbaknya kurang makan sayur hijau.’

Gue langsung penasaran sama penjelasan yang lebih lengkap kenapa sih koq 2 kali mau donor darah HB gue rendah, padahal gue merasa sehat dan nggak lemah lunglai koq. Akhirnya gue tanya Prof.G yang tau banyak hal alias nge-gugling. Huehehe.

Jadi ternyata penyebab HB rendah itu banyak, bisa jadi karena kurang istirahat, dehidrasi, kurang asupan nutrisi, infeksi penyakit, ketidakseimbangan hormon (silahkan di gugling sendiri) dan solusinya menurut si mbak PMI dan google adalah istirahat cukup (tuh kan bener kata gue mesti tidur 8 jam sehari), banyak makan sayur hijau yang mengandung zat besi, dan olahraga ringan (yang ini rada males :p)

Kalo ditanya kenapa mau donor darah, setelah gue ngobrol dengan beberapa orang yang rutin donor dan juga dari Prof.G, donor darah itu banyak banget manfaatnya. Selain manfaat untuk penerima darah tersebut, kita sebagai pendonor pun dapet banyak manfaat diantaranya, melindungi jantung, menurunkan resiko terkena kanker, pembaharuan sel-sel darah secara rutin, dan yang paling menarik menurut gue adalah membakar kalori. Hahaha. Setiap kali melakukan donor darah (500ml) akan membakar 650 kalori di dalam tubuh! Eitss tapi jangan donor darah buat diet yee, bisa pengsaaan. Hahahaha.

Ini gue lampirkan syarat-syarat untuk donor darah :
1. Sehat jasmani dan rohani.
2. Usia 17 sampai dengan 65 tahun.
3. Berat badan minimal 45 kg.
4. Tekanan darah :
    Sistole : 100-170
    Diastole : 70-100
5. Kadar HB 12.5g%-17.0g% (ini nih yang gue kurang)
6. Interval donor minimal 12 minggu atau 3 bulan sejak donor darah sebelumnya.
Untuk lebih lengkap bisa klik ini.

So buat kalian yang memenuhi syarat untuk donor darah, yuklah cus donor darah. Kalahkanlah rasa takutmu terhadap jarum karena 1 kantong darahmu bisa menyelamatkan sampai 3 nyawa.


udah 2 kali donor cuma sampe tahap ini (tes HB) semoga di kesempatan lain bisa donor =)

You Might Also Like

0 komentar

pliss give your comments to encourage me :)

Subscribe