Salah Informasi

01.34

Ahhhh Holiday is coming..
Binus baik nihhh kasih mahasiswa-nya libur 2 minggu..
Tapi dosen-dosen agak kurang baik sihh karena kasih assignment banyak rek! HAHAHA..
Hari ini hari pertama liburan enn i want to tell you about one of my story.. Check it out!


Jadi 5 tahun yang lalu, waktu gue masuk ke 3SMA, mulai-lah gue berpikir gue mo kuliah jurusan apa. Saat itu, gue pengen kuliah Hubungan Internasional, mulailah gue mencari-cari universitas yang bagus dan ternyata ada 3 kampus yang cukup berkualitas untuk jurusan HI itu. Yang pertama UI, UPH dan Parahyangan Bandung. Mama gue nggak kasih kuliah di UI, lalu di UPH itu mahal, gue udah coba ambil beasiswa tapi nggak dapet. Nahh tinggal UNPAR tuhh, waktu itu gue agak kekeh pengen kuliah HI dan akhirnya mama sempat mengizinkan, tapi yaa itu harus kos kan di Bandung. Saat itu gue belum se-bolang dan se-brani hari ini, jadi gud bye HI :( *Sebenernya ortu juga kurang mendukung jurusan ini..

Mama-ku tuh pengen bangeed gue ambil jurusan yang berbau komputer, kata-nya nggak bakal mati gtu dunia komputer, bener sih tapi gue nggak suka sebenernya. Kalo papa sih lebih terserah, papa pengen bangeed gue masuk UI tapi mama nggak setuju, berdebatlah mereka soal itu :p Waktu itu gue nggak mo nyerah dulu, gue mencari-cari jurusan lain yang bisa gue masukin. Sastra inggris-nggak boleh, komunikasi-nggak boleh, manajemen-emang nggak ada jurusan lain, sayang kamu dari ipa masuk mene........ Jujur waktu itu sempet agak drop juga, kebetulan ortu-ku bukan tipikal ortu yang kasih free will ke anak terutama mama, tipikal yang agak menyetir anak. 

Disini gue bukan bermaksud menjelekan ortu gue. NO NO! Biar gimanapun setiap ortu termasuk ortu gue pengen yang terbaik buat anak-anaknya, dan setiap ortu punya cara masing-masing, yaa cara itu yang dipakai ortu gue. Back to topic, suatu hari cici sepupu gue dateng enn dia itu Alumni Sistem Informasi di Binus, dia cerita-cerita lah sama mama gue sampe akhirnya mama gue tuh menyarankan gue ambil itu. Dulu itu gue emang masih labil, belum tau keinginan gue apa, mimpi gue apa dsb. Yang gue tau cuma gue suka dunia jurnalistik. 

Akhirnya gue menyerah (mungkin ini salah 1 kesalahan gue) gue mencoba tes beasiswa di Binus. Nggak ketrima gituh dan gue harus mencoba jalur tes biasa. Nahh, waktu itu gue doa, "Tuhan, kalo hasil tes kezia di Grade A, kez bakal kuliah Sistem Informasi, tapi kalo nggak A, nggak mo ambil." Dan hasil tes gue adalah....... A!! So, gue tepatin lah janji gue sama Tuhan :D

To cut the story, akhirnya gue kuliah juga di Binus. Awal-awal gue kuliah sih excited bangeed lohh, dapet kelas yang seru, teman-teman yang gokil tapi stress bangeed sama pelajarannya. Di semester 1 dapet akuntansi, gue ini dari IPA nggak pernah nyentuh akun, buat jurnal aja nggak bisa loh! Itu waktu bikin tugas akun sampe nangis-nangis, belum lagi coding. Semester demi semester terus berjalan, gue makin merasa gue salah informasi, bener-bener nggak suka sama kuliah ini. Berkali-kali gue bilang ke Mama : stress, nggak bisa ikutin kuliah-nya, nggak ngerti coding, nggak dapet logika-nya, dsb. Mama slalu bilang, "Jangan menyerah, kamu kan punya Tuhan, terus belajar dan berdoa."

Sssttt rahasia nihhh..
Setiap semester, saat gue ngerjain tugas yang sulit bangeed (terutama tugas coding) gue sering bangeed nangis. Gue sering ngeluh, "Tuhan, kezia nggak bisa coding, nggak ngerti Tuhan..huhuhuhu.." Gue sering bangeed mikir kalo kuliah itu cuma sejuta-dua juta, gue bakal stop kuliah enn nyicil tuh duit ke Papa.hahaha..
Tapi yaa kuliah kan mahal bok, lagian kalo gue stop kuliah slain buang-buang duit, gue juga buang-buang waktu jadi gue tetep jalanin dengan tanggung jawab..

Orang-orang pada nggak percaya kalo gue ini nggak menikmati kuliah gue karena mereka melihat IP gue yang diatas 3 dan gue juga Asisten Lab (asslab) tapi bener dehh, gue nggak suka sama jurusan gue, kalo gue bisa dapet IP bagus dan juga bisa jadi asslab, itu semua cuma karena Tuhan.. Bisa selesain skripsi dengan topik yang cukup sulit, bisa lulus sidang skripsi dari dosen killer, bisa lulus S1 7 semester.. Itu semua karena Tuhan... =)

***
Buat kalian yang mungkin lagi bingung pilih jurusan kuliah karena beda dengan keinginan ortu. Gue mo kasih beberapa saran..
1. Kalo kalian udah tau jelas kalian suka jurusan apa, dan ortu tidak mendukung, kalian bisa melakukan 2 pilihan. Yang pertama, coba jelaskan baik-baik ke orang tua kenapa kalian pilih jurusan itu, jelaskan detail jurusan itu (belajar apa ajaa en kalo udah lulus profesi apa yang sesuai dengan jurusan itu) karena terkadang orang tua nggak ngerti banyak soal jurusan kuliah. Apalagi buat ortu yang punya toko, mereka cuma tau jurusan ekonomi yang bagus, cepet dapet duit, kalo jurusan teknik itu suram. Emang mo jadi tukang service?? Padahal in fact nggak kan? Biasanya ortu jadi ngerti kalo dijelasin.
Yang ke-2, kalo memang udah dijelasin dan ortu tetep kekeh pada keinginan-nya, coba bawa dalam doa. If you have no choice slain jalanin jurusan yang ortu pengen. Jadilah pribadi yang bertanggung jawab, jalanin kuliah dengan serius, jangan sering madol, kerjain tugas yang bener, pilih teman yang bisa mendukung kuliah kita jangan pilih teman yang suka madol en males. Jadi jangan jadikan 'gue nggak suka jurusan ini' sebagai alasan kalian ber-malas-malasan dalam kuliah.

2. Kalo kalian udah terlanjur kuliah sesuai keinginan ortu dan masih belum menikmatinya, gue cuma mo bilang, "Tetap semangaad!" Semangat-lah yang membuat gue bisa berjalan selama kuliah SI. Jangan pernah berpikir bahwa mimpi kita bakal berakhir karena kita kuliah dengan jurusan yang berbeda dengan mimpi kita. Dosen S2 gue bilang bahwa ilmu pengetahuan itu berhubungan satu dengan lainnya, so belajarlah dengan serius. Pasti ada hal-hal yang bisa kita aplikasikan. Belajarlah dengan sungguh-sungguh, raih nilai yang terbaik, kalo bisa aktif di organisasi kampus atau bekerja part time di kampus. Itu akan membuat kita lebih menikmati masa kuliah =)

Berasa tua dehh gue kasih-kasih saran.hehehe..

Dulu gue sempet nyesel, harusnya dulu gue berani ajaa kos di Bandung, harusnya dulu gue paksain ajaa keinginan gue sama ortu..
Tapi hari ini, gue bersyukur.. Gue mengecap kebaikan Tuhan selama gue kuliah SI.
Gue menemukan passion gue di semester 5 kemarin.. Gue semakin mengenal Tuhan, lewat ketidakmampuan gue menjalani kuliah, gue mengenal Tuhan yang nggak pernah terlambat menolong gue. Ada banyak buangeed pertolongan Tuhan, anugrah Tuhan selama gue kuliah kemarin. 
Tidak ada kebetulan di dalam Tuhan. Tidak ada kata 'salah' dalam rencana Tuhan.. 
Gue percaya bahwa bukan kebetulan gue kuliah dengan jurusan yang gue nggak suka, itu semua masuk dalam rencana Tuhan atas hidup gue. Buat kalian yang salah informasi juga, itu rencana Tuhan dalam hidup kalian..

......................................
So, by God's Grace..


Kezia Margaret, S.Kom.

You Might Also Like

0 komentar

pliss give your comments to encourage me :)

Subscribe