Tentang JAWATAN

14.10

Hari ini saya akan membahas tentang JAWATAN.. Jawatan yaaa bukaan jerawatan !hahaha.. Mungkin istilah 'jawatan' agak asing di telinga kita. Masih banyak orang yang masih bingung apa itu jawatan?? Lalu apa bedanya dengan karunia?? Apa sebenarnya fungsi jawatan?? Check it out...

Jawatan itu bisa dikatakan sebagai identitas hidup, panggilan, pelayanan.. Jawatan itu ada 5, yaitu : RASUL, NABI, PENGINJIL, GEMBALA, PENGAJAR.. Kelima jawatan ini tentu saja memiliki fungsi yang berbeda dalam Gereja.. Lalu apa bedanya jawatan dengan karunia?? Kalo diilustrasikan seperti ini, jawatan adalah jalan yang dipilih, Karunia adalah mobil yang digunakan untuk menjalani jawatan kita, dan Karakter adalah mesin yang kita pakai. Tapi dari ketiga ini tetap yang terpenting adalah KARAKTER.. Percuma sajaa, kita punya karunia banyak, jago pelayanan tapi kalo karakter kita jelek, nggak lama kita pasti turun.. Karakter-lah yang melindungi pelayanan kita.. Okaay back to JAWATAN..
Karunia Pelayanan adalah Karunia yang bukan milik setiap orang, tetapi milik orang-orang tertentu yang diberi karunia memperlengkapi Tubuh Kristrus yang lainnya (Efesus 4:11-13). Karunia Pelayanan berasal dari bahasa Grika "doma" yang artinya "suatu pemberian". Karunia ini disebut juga karunia "memperlengkapi" karena bertujuan untuk memperlengkapi orang-orang percaya dalam melakukan tugas pelayanan sehingga Tubuh Kristus di bumi dapat berfungsi sebagai wakil-Nya dengan benar. 


Jabatan yang ada di Efesus 4:11 adalah : 
- Rasul-Rasul
Pelayanan para Rasul biasanya untuk merintis sebuah bidang pelayanan. Misalnya membuka perintisan baru di Kota A, Rasul memang diperlengkapi secara khusus untuk hal itu. Biasanya seorang Rasul membangun sesuatu hal yang belum ada, (co : perintisan) Dan biasanya juga seorang Rasul tidak bertahan lama di sebuah Gereja (bukan karena ia tidak setia, tapi karena memang tugas dia untuk memulai hal yang baru)


-Nabi-Nabi
Nabi itu dikenal dengan penyambung lidah Tuhan. Nabi itu kalo diibaratkan dalam tubuh dia adalah MATA. Dia seperti burung elang yang terbang tinggi, melihat apa yang ada di depan (visioner) dan memberitahu kepada anggota tubuh lain apa yang akan terjadi di depan nanti. Kita harus benar-benar memperhatikan apa yang dikatakan oleh Nabi-Nabi Tuhan, karena dia adalah penyambung lidah Tuhan, biasanya apa yang dikatakan para Nabi Tuhan (bukan nabi palsu dan dikonfirmasi nabi-nabi lain) itu tepat! Karena memang tugas dia untuk menjadi 'speaker'-nya Tuhan..


-Pembrita-Pembrita Injil
Mengidentifikasi Penginjil dalam sebuah Gereja adalah hal yang mudah. Biasanya seorang Penginjil adalah seseorang yang jago marketing. Penginjil dianugrahi Tuhan cawan sukacita. Seorang Penginjil tugasnya adalah mencari jiwa. Jadi fungsi seorang Penginjil dalam Gereja adalah untuk mencari jiwa, menambahkan jumlah-jumlah jiwa, lalu jiwa-jiwa baru itu diasuh oleh Gembala..


-Gembala-Gembala
Seorang Gembala adalah seorang yang sangaad peduli dan mengasihi jemaat-jemaat. Seorang Gembala itu benar-benar memperhatikan kebutuhan jemaat. Mereka slalu ingin membantu setiap masalah jemaat. Hatinya sangaat lembut.


-Pengajar-Pengajar. 
Seorang Pengajar biasanya suka menganalisis.. Pengajar diberi karunia khusus oleh Tuhan untuk menaroh fondasi sebuah Gereja dengan kebenaran Firman Tuhan. Biasanya seorang Pengajar ini kuat di ayat-ayat Firman Tuhan. Dia membangun fondasi jemaat-jemaat Tuhan agar kuat dalam Firman dan tidak terombang-ambing oleh ajaran sesat..


Karunia Pelayanan harus ditetapkan, bukan disukai, karena penundukkan diri pada pimpinan. Pelayanan sebagai peluang.


Ciri-ciri Pelayanan Jawatan (Efesus 4:11) :
RASUL
Hatinya terutama bagi : Keseluruhan.
Karunia Utama : Memimpin, Mengatur, mengembangkan, membangun, memperluas.
Emosi : Kurang emosional, cenderung struktural.
Menilai orang lain dalam : Tingkat kemampuan dan kesediaan mereka untuk mengambil bagian.
Nilai tambah bagi organisasi : Mengajak setiap orang bekerja sebagai suatu tim, seorang yang cakap menemukan penyelesaian masalah.
Bila berlebihan : Kekuatan, otoritas, tidak peka terhadap orang lain.
Bila ada dalam tekanan : Bertemu dengan orang lain untuk mencari pemecahan tekanan.
Hal yang paling ditakuti : Kehilangan otoritas, posisi, organisasi.


NABI
Hatinya terutama bagi : Kreativitas yang diilhami.
Karunia Utama : Kemampuan kreatif, kepekaan akan ketepatan waktu dan keserasian.
Emosi : Cukup emosional keduanya naik turun.
Keinginan hati : Mengalami aliran kreatif.
Menilai orang lain dalam : Tingkat kemampuan mereka untuk mengalami atau menghayati ide kreatif.
Nilai tambah bagi organisasi : Memberikan ekspresi yang kreatif, pengalaman rohani, kepekaan akan ketepatan waktu Ilahi dan tujuan.
Bila berlebihan : Hidup hanya menurut intuisi.
Bila ada dalam tekanan : Menyendiri.
Hal yang paling ditakuti : Tidak mampu menangkap aliran ide kreatif melalui intuisinya.


PENGINJIL
Hatinya terutama bagi : Penuaian.
Karunia Utama : Kemampuan menjual.
Emosi : Sangat kuat.
Keinginan hati : Untuk meyakinkan orang lain apa yang mereka lihat.
Menilai orang lain dalam : Kemampuan mereka untuk mempengaruhi.
Nilai tambah bagi organiasasi : Dapat meyakinkan dan menggairahkan orang lain melakukan apa yang dikatakannya.
Bila berlebihan : Mempengaruhi orang lain dengan sesuatu yang tidak benar.
Bila ada dalam tekanan : Menjadi lebih semangat dan bernafsu dalam menjual sesuatu, bisa menjadi tidak jujur.
Hal yang paling ditakuti : Tidak dapat meyakinkan orang lain.


GEMBALA
Hatinya terutama bagi : Manusia
Karunia Utama : Mengasihi orang lain dan menyembuhkan luka-luka mereka.
Emosi : Emosi teramat sangat peka.
Keinginan Hati : Membuat orang-orang menjadi sehat, aman, dan dipedulikan.
Menilai orang lain dalam : Tingkat kepekaan orang itu terhadap orang lain.
Nilai tambah bagi organisasi : Memberi kepastian akan pemenuhan kebutuhan hati orang-orang, menyediakan kehangatan, kegembiraan, dan kepuasan hati.
Bila berlebihan : Menjadi terlalu lembut, lemah, terlalu fleksibel.
Bila ada dalam tekanan : Mendekati orang dengan lebih hangat dan penuh pengertian.
Hal yang paling ditakuti : Perpecahan dan perselisihan paham, benturan dan konflik yang saling melukai.


GURU 
Hatinya terutama bagi : Kebenaran
Karunia Utama : Riset dan menyampaikan dengan jernih dan jelas.
Emosi : Kurang emosional, cenderung struktural.
Keinginan hati : Kebenaran dapat dikomunikasikan dengan jelas dan dapat dipahami.
Menilai orang lain dalam : Tingkat kemampuan dalam kepekaan untuk membedakan dan mengungkapkan kebenaran dengan jelas dan gamblang.
Nilai tambah bagi organisasi : Menolong mereka mengerti dan bertumbuh.
Bila berlebihan : Terlalu rinci dan analitis sehingga intuisi tidak ada tepat untuk berperan.
Bila ada dalam tekanan : Melakukan lebih banyak riset.
Hal yang paling ditakuti : Tidak mampu membuat kemajuan bagi generasi berikutnya.


Setiap dari kita yang mulai terlibat dalam sebuah pelayanan perlu taoo apa sih jawatan kita. Kurang lebih 2 tahun yang lalu, youth tempat saya melayani mengadakan tes jawatan untuk setiap pengerja. Kita jadi tau, ohh kita ini harus melayani disini tohh. Barisan menjadi rapi, karena tidak ada orang yang mengambil lahan pelayanan orang lain. Sebagai contoh, saya adalah seorang pengajar. Saya tau pengajar adalah tugasnya untuk membangun fondasi dengan kebenaran Firman Tuhan, saya nggak perlu repot 'memaksakan' diri saya untuk bisa merintis tempat baru seperti Rasul (kecuali kalo Tuhan suruh yaa). Atau misalnya seorang Gembala, dia pengen jadi Pengajar, padahal tugas dia adalah untuk menggembalakan jemaat. Kerjakanlah apa yang menjadi tugas kita dalam Gereja sehingga barisan menjadi rapi, kita jadi maksimal, dan banyak jiwa-jiwa dimenangkan bagi Kristus. 


Tapi bukan berarti seperti ini, ahh saya seorang Nabi. Tugas saya adalah berdoa, mendengar suara Tuhan. Bagian cari jiwa mahh bagian sii Penginjil ajaa nohh.. NO NO! Bukan seperti itu, kelima jawatan ini berbicara tentang fungsi dan cara. Nggak peduli apapun jawatan kita, kita juga tetap harus cari jiwa buat Tuhan tapi dengan cara yang berbeda. Nabi memenangkan jiwa dengan berdoa bagi orang itu, tapi Penginjil cara cari jiwa dengan ngomong, Gembala dengan mendengarkan cerita mereka, memberi perhatian lebih bagi mereka. Got the point?? Cara berbeda kaan?? Tapii tujuan sama : memenangkan jiwa! ^^


Selain itu kita juga jadi bisa lebih memahami partner pelayanan kita. Mungkin kita sering bilang ke para pendoa syafaat (biasanya Nabi) "Aahh loe malees bangeed yaa, kerjaannya doa mulu. Gerak donk, Pergi misi keqq." Atau seorang Pengajar yang kuat di ayat-ayat Firman Tuhan bilang, "Kalian nggak pernah baca Alkitab yaa?? Masa nggak taoo ayat ini bla bla bla.." Nahh nggak boleh tuhh keluar perkataan seperti itu. Kita perlu mengerti bahwa seorang Nabi memang tugasnya berdoa, dia adalah MATA. Dia butuh TANGAN & KAKI (Pengajar dan Penginjil) untuk melakukan apa yang dia lihat di depan. Begitu pula dengan TANGAN & KAKI juga butuh MATA kan untuk bergerak dan berjalan?? Got the point?? ^^


Saya punya lembar untuk tes Jawatan.. Bisa di download di TES JAWATAN 
For your info, Tes Jawatan ini nggak boleh lama-lama dikerjainnya. Sekitar 5-10 menit doank. Jadi sekali baca soal kita langsung isi, nggak boleh terlalu lama dipikirkan dan direnungkan karena nanti jadi nggak murni jawabannya. Di situ ada 45 soal dan dibawahnya ada lembar jawaban. Cara isinya seperti ini : 


Nahh itu diisi dehh per-soal dengan angka-angka 1-5 (Baca Keterangan di soal) 
Setelah selesai kita total nilai kita KEBAWAH.. Taro di kolom TOTAL
Keterangan kolom I apa, II apa sudah disertakan, jangan ngintip yaa :p

Nahh nanti diliat yang mana yang angkanya paling besar itulah JAWATAN kita. Jawatan itu hanya 1 yaa, kalo ada 2 dominan paling besar bisa tes ulang tapi beri waktu biar kita lupa sedikit tentang soalnya. Jawatan dominan ke-2 itu seperti pendukung saja. Tapi jawatan kita tetap 1 yaitu yang PALING BESAR NILAINYA.. 

Oohh yaaa, selain itu, ada juga nehh penjelasan lebih lengkap mengenai jawatan. Donload di Tentang Jawatan Kalo misalnya kalian sudah tes trus ngerasa nggak yakin, bisa dibaca di ciri-ciri jawatan di atas dan materi yang didonload.. Kalian liat mana yang paling sesuai dengan kalian.. 

Buat temen-temen yang donload boleh komen dibawah. Let me know you yaa, supaya saya tau bahwa materi ini didonload dengan penuh tanggung jawab ^^ Kalo mo di-share ke temen-temen Gereja untuk di share bolehh bangeed koqq tapi let me know you yaaa.. ^^ 

Thank You ^__^

You Might Also Like

19 komentar

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. ntar kalo udah tak isi tesnya, tak kabarin ya kez, hehehehe. thank's ya sharenya, berguna banget nih, kayaknya bisa menolong untuk melayani secara maksimal, 4 His Glory ^^

    btw, tadi di atas salah komen, makanya tak apus, gkgkgkgkgk ^^V

    BalasHapus
  3. iyaaa kak megaa ayoo cepetan tess ntarr ksih taoo aku yaa hasil-na..hehee.. iyaa kak bner bangeed.. kita jadi melayani Tuhan dengan tepat dan maksimal dehhh.. bisa di share jg kak sm tmen2 gereja kakak :]

    BalasHapus
  4. mine:
    http://megasthought.blogspot.com/2011/08/jawatanku-adalah.html

    BalasHapus
  5. lapor lapor..hasilnya...NABI huehuehuehuehue..ngga nyangka lho....haizzz berat berat berat..

    *abeth*

    BalasHapus
  6. @kak mega.. akuu dah baca posting kakakk..hehehe.. gembalaa loo gembalaaa ^^

    @abeth.. kamu sapaa yaa??hoho.. add fb kuu donk :D

    BalasHapus
  7. Hai Kezia...Salam kenal ya...aq dapat info ini dari Mega...ijin donlot & share ya....tar aq infoin hasilnya.... :)

    BalasHapus
  8. aku ?? silent reader wkwkwkwkwkwkw...oke d ak et di efbi..bentar yo...

    *abeth*

    BalasHapus
  9. @abeth.. makasihh yaa dahh di add.. dahh aku app tuhh :D

    @sandra.. iyaa boleeh di share koqq :] nanti ksih taoo yaa apa hasil-na..hehehe.

    BalasHapus
  10. @Kezia: Kez, aku yang nabi dan pengajar jumlahnya sama.. Gimana donks? hahaha thanks bngt yah uda bikin tulisan khusus ttg jawatan ini!!! *hugs* :)

    BalasHapus
  11. jawatannkyu Gembala kezz ^_^, urutan keduanya adl Nabi n Pengajar dngn nilai yg sama:D. thx 4posting bu;)

    BalasHapus
  12. @ci fani.. dahha kuu bbm yaa.hihihii.. sama2 ciiiii *hug balik* hahaha..

    @dessy.. ini dessy yg di fb kan??hoho.. wehh gembalaa loo.. sama kaya kak mega ^^

    BalasHapus
  13. hai Kezia...
    akhirna aku temukan blog-mu.. nice blog..
    hehehe...
    wkt itu aku add YM-mu, tp lum sempat chat.
    hehehe... ^^
    salam kenal.. ^^

    BalasHapus
  14. ohh yaa dahh add ym ku?? dapet ym ku dari mana??hehehe.. novita udahh tes jawatan?? :]

    BalasHapus
  15. wkt itu kita sempat email2an di gmail.
    kamu ksh tau YM-mu gitu...
    test jawatan yah... uhmm dah pernah... dan dah lama bgt... hehehe...

    BalasHapus
  16. ooh iya.. tips utk pengisian test tersebut adalah hindari angka 2,3,4... karena akan mempengaruhi akurasi dari hasil.

    trus, sekilas ttg Karunia Jawatan:
    Karunia tsb memang bisa kita ketahui lewat test yang ada, tetapi sebenarnya karunia jawatan adalah karunia yang diteguhkan oleh jemaat (orang lain) karena sudah dilihat hasil yang ada di dalam hidup kita, yaitu sejauh kita berfungsi di dalam tubuh Kristus. ^^

    BalasHapus
  17. ohhh i see.. ingeeed2..hehehe.. wehh setuju bangeeed tuhh nov, semakin kita fokus sama pelayanan kita jawatan kita pasti makin terlihat.. tenggs buat tambahannya ^^
    ngomong2 jawatan-mu apaa nov??hehehe.

    BalasHapus
  18. hehehe...
    jawatanku yahh...
    Guru & Nabi.

    2 hal tersebut bisa terlihat dari karunia motivasi yang kita punya.
    Kalau kamu pelajari Roma 12, itu ada 7 karunia motivasi, yang merupakan karunia yg ada sejak kita lahir, tp diasah terus sepanjang pertumbuhan hdp kita.
    Ibarat kata, karunia tersebut seperti talenta.
    Nah, 3 karunia Motivasi tertinggiku adalah:
    Bernubuat, Mengajar, Menasehati.

    2 karunia motivasi teratas itu ada korelasi ke jawatan biasanya. itu sih yg aku pelajari dan renungkan. ^^

    BalasHapus
  19. good writing Kezia....
    I like this topic.
    thank you.

    BalasHapus

pliss give your comments to encourage me :)

Subscribe