Jangan Nengok ke Blakang !

22.14

Wohh udahh lama bangeed nehh nggak nulis blog karena tugas yang tak henti-henti menyerbu.. Sebenernya sekarang juga masih adaa tugas cuma berhubung otak-nya udah penat bangeed yaaudahh mari kitaa menulis.. ^^

Beberapa hari ini, iblis mengintimidasi gue dengan mengingatkan masa lalu gue.. Akhir-akhir ini gue memang sering bangeed sendirian sehingga mungkin secara nggak sadar si jelek mengingatkan masa lalu gue yang membuat guee feeling soooooo guilty sekarang.. Membuaat guee sediih-sediihh lagii, merasa nggak berharga dll.. 


Masa lalu yang iblis ingetiin ke gue akhir-akhir ini adalaah tentang persahabatan gue yang salah dengaan sii omm.. (yang belum taoo ceritanya baca : ini ) iblis ingetin segala hal yang pernah gue lakukan samaa si omm yang membuat gue menyesaaal luaar biasaa hari ini.. Dia mengintimidasi gue, "kamu sehh keZ dulu kegeeran, kamu sehh keZ dulu mo ajaa deket sama si omm tanpa status apa-apa, bla bla bla..." Enn gue sempeeeet terintimidasi jugaa dengan perkataan si jelek ituu. Guee sempet nangis enn bilaang, "knapaa dulu gue bodohh bangeed? knapaa gue dulu bisaa buat hal seperti ituu....." Gue menyesali segala hal yang dulu gue lakukan, menyesali kenapaa harus berbuat sebodoh ituu dluu... 

Pernaah nggak sehh temen-temen mengalami hal yang sama dengan gue skarang?? Rasanya apaa yang terjadi di masa lalu ituu sulit bangeed dilupain.. Rasanya ingin skali balik ke masa laluu ituu.. Pastii pernaah kaan?? Tapiiiiiii hari inii gue memutuskan untuk mematahkan segala intimidasi si jelek ituu..! Gue bencii bangeed samaa si iblis enn intimidasi-intimidasinya, bikin gue ampir nangis di busway tadiii.. Gue langsung perkatakan kata-kata iman, "keZia berharga di mata Tuhaan, Tuhan Yesus sangaad mengasihi keZiaa, Tuhan Yesus sediakan masa depan yang penuh harapaan.." Saat gue perkatakan hal itu berulang-ulang, Tuhaan ingatkan gue akan sebuah kisah di Alkitab, Kisah Lot dan Istrinya.. 

Lot dan keluarganya tinggal di kota bernama Sodom dan Gomora, kota yang sangaad jahaat.. Tuhan sudah tidak tahan akan kejahatan di kota itu dan ingin memusnahkan kota Sodom dan Gomora, namun Tuhan ingaad ada Lot dan keluarganya yang tinggal di kota itu. Tuhan ingin menyelamatkan Lot serta seisi keluarganya.. Ketika malaikat menyuruh Lot dan keluarganya untuk lari, isti Lot menoleh ke blakang dan menjadi tiang garam.. 

Kalau gue boleh mengumpamakan, Sodom dan Gomora diumpamakan seperti masa lalu kita. Masa lalu kita yang jahaat, masa lalu kita yang kelam, masa lalu kitaa yang menghalangi pekerjaan Tuhan atas hidup kita. Tuhaan rindu skali kitaa keluar dari masa lalu kita.. Gue sangaad tertarik dengan Kejadian 19:16, "Ketika ia berlambat-lambat, maka tangannya, tangan isteri dan tangan kedua anaknya dipegang oleh kedua orang itu, sebab TUHAN hendak mengasihani dia; lalu kedua orang itu menuntunnya ke luar kota dan melepaskannya di sana." Garis bawahi kata berlambat-lambat.. Tuhaan pengen kita, anak-anakNya keluaaar dari masa lalu kita yang kelam, kadang kita nggak sadar kalo Tuhaan udahh kasih sinyal-sinyal untuk kita segera move! Cumaaa kita yang kadang masih mo tinggal di masa lalu kita. Meskipun udahh jelas-jelas, kita sedang hidup di dalam dosa, cumaa karena kita udah nyaman, karena kita nggak mo bergerak, kita nggak bisa keluar dari masa lalu ituu.. 

Contohnya gue, waktu dulu gue 'bersahabat' yang nggak sehaat dengan temen gue ituu, sebenernya Tuhan udahh kasih gue beberapa sinyal untuk gue dengan cepaad lari dari dia. Untuk nggak terjerumus lebih dalam dengan diaa, cumaa gue-nya waktu ituu bandeeel, gue bukannya nggak nyadaar loo kalo gue salaah.. Gue 100% sadaar kalo gue salaah, hanyaa sajaa gue sudah merasa terlalu nyaman dengan kondisi ituu.. Gue nggak mo move karena gue takuut, hidup gue akan ancur tanpaa tmen gue ituu. Itu yang iblis tanemin dalam pikiran gue saat ituu..

Karena gue berlambat-lambat untuk pergi dari doiii, Tuhan menarik tangan gue, seperti yang malaikat lakukan terhadap Lot dan keluarganya. Tuhan izinkan sesuatu terjadi atas hubungan gue enn diaa yang membuaat gue benar-benar harus pisaah dari diaa.. Cumaa setelah kejadian itu, bukan berarti gue langsung bisa lepas dari dia dan masa lalu gue.. No No.. ! Perlu ada usaha untuk gue benar-benar meninggalkan masa lalu gue, yaitu "LARI". Sama seperti yang dilakukan Lot, pada Kejadian 19:17, Lot harus berlari, untuk menyelamatkan nyawanya, malaikat juga berkata bahwa ia tidak boleh menoleh ke belakang.. Gitu pula dengan kitaa, kita harus lari. Lari dari masa lalu kita, lari dari hal-hal yang membuat kita terus hidup dalam dosa.. Lariiiiiiii, untuk keselamatan jiwa kita, enn jangaan menoleh ke belakang..

Gue memahami suatu hal, sama seperti istri Lot yang menoleh ke blakang.. Dia berat untuk meninggalkan Sodom dan Gomora karena hatinya masih ada di blakang.. Secara fisik dia memang berlari, tapi dia tidak serta membawa seluruh aspek hidupnya melangkah ke masa depan.. Seberapa banyak dari kita juga melakukan hal yang sama dengan istri Lot?? Secara fisik, kita bilang, "nggak koqq, gue udahh lupain itu. Nggak koqq itu mahh masa lalu, guee udahh ampunin diaa koqq.. Gue udahh bisa lupain dia koqq." Tapi itu hanyak sebatas ucapan di bibir sajaa?? Fisik kita memang sudah berlari ke depan, tapi hati kita masih ada pada masa lalu kita, seperti si istri Lot..

Kalo kamu sekarang sedang berada pada posisi istri Lot, gue cuma mo bilang, "C'mon, ayoo berlari bersama Tuhan, tinggalkan masa lalu loe yang kelam ituu. Loe tetep berharga di mata Tuhan, nggak peduli seberapa buruk masa lalu loe, nggak peduli seberapa bodohnya loe di masa lalu, KAMU BERHARGA DI MATA TUHAN." Tuhan Yesus udahh mati di kayu salib untuk menebus kita dari dosa, menebus kita dari masa lalu kita yang buruk.. iblis suka mengintimidasi kita dengan mengingatkan masa lalu kita, mengingatkan kesalahan-kesalahan yang pernah kita lakukan karena hanya dengan cara itulah kita menjadi merasa tidak layak, merasa didiskualifikasi dari kasih Allah, jiwa kita menjadi terinfeksi dengan rasa malu, keragu-raguan, perasaan bersalah, dan benci terhadap diri sendiri.. Hal-hal itu membuat kita menjauh dari kasih Tuhan, membuaat kita semakin hari semakin drop dan akhirnya terhilang..

Gue baruu ngehh tujuan kenapa iblis getoool bangeed ingetin kita akan kesalahan-kesalahan kita di masa lalu.. Ternyata iblis nggak mo kita tuhh hidup intim enn melekat samaa Tuhan. Dengan termakan intimidasi iblis, kita hanya mengasihani diri sendiri.. selama ini iblis membohongi kitaa, dengan berkata bahwa kita tidaak layaak, kitaa bodoh, kitaa nggak bisaa lepas dari masa lalu. Kau pembohong besar! Padahal kebenarannya adalah, Tuhan tidak memperhitungkan kesalahan kita.. Nggak percayaaa?? Nehh ayat-nya :

"Berbahagialah orang yang diampuni pelanggaran-pelanggarannya, dan yang ditutupi dosa-dosanya; berbahagialah manusia yang kesalahannya tidak diperhitungkan Tuhan kepadanya." (Roma 4:7-8)

Lihaaat, Tuhan tidak memperhitungkan kesalahan dan masa lalu kita. Kita dibenarkan Allah bukan karena perbuatan kita tapi karena kasih karunia-Nya.. Gue mo bilang, ayoo jangan mo termakan omongan si iblis lagi tentang masa lalu kitaa.. Semua orang pasti pernah salah, semua orang pasti pernah gagal, semua orang pasti pernah jatuh dalam dosa, semua orang pasti pernah melakukan hal bodoh di masa lalu. Point pentingnya bukan apa yang kita lakukan di masa lalu, tapii lihaat Tuhan Yesus, yang nggak pernah memperhitungkan masa lalu kita, membawa kita hidup dalam kemenangan. Tuhan menyediakan masa depan yang penuh harapan, nggak peduli seberapa ancuur loe di masa lalu, nggak peduli seberapa kelam masa lalu kita.. Di dalam Tuhan ada kasih yang memulihkan, di dalam Tuhan ada kebenaran yang memerdekakan, di dalam Tuhan ada hidup yang berkemenangan. Mulai dari sekarang, bilang sama si jelek, "Heyy iblis, engkau tidak berhak atas hidupku, akuu berharga di mata Tuhan. Tuhan tidak mengingat masa lalu-ku, akuu sudah dimerdekakan Tuhan.! Tulisan gue hari ini akan gue tutup dengan sebuah paragraf dari buku "Memiliki Roh yang Intim Dengan Tuhan" by Alice Smith..

"Dia lebih seperti Bapa kita daripada Bos kita. Dia tidak melihat pada untung-rugi secara keuangan. Dia tidak berprasangka atau memihak, tidak menghakimi, menaruh dendam, lancang, atau kurang ajar; Dia tidak menutup telinga terhadap seruan kita; tidak buta terhadap kebutuhan kita. Kita bisa melakukan hal-hal yang sangat baik dan masih tetap merasa tidak baik. Setan berkata, Kau tidak berharga! Yesus berkata, "Memangnya kenapa, Aku berharga!" Setan memandang ke masa lalu dan melihat kesalahan-kesalahan kita. Tuhan memandang masa lalu dan melihat Salib. Dia tidak menghitung-hitung apa yang anda lakukan di masa lalu. Itu bahkan tidak dicatat."

Ayoo temaan, kitaa berlari ke depaan.. Berlari bersama Tuhan. Lari dari masa lalu kitaa. Pandang Tuhan Yesus yang ada di depaan, dan jangan lagi menoleh ke belakang, nanti jadi tiang garam loo.. :p

God bless yaaa, Tuhan Yesus sayang kitaa semuaaa.. :)


You Might Also Like

12 komentar

  1. Tuhan Yesus sayang buanget samamu Kezia...^^

    BalasHapus
  2. Kezia, aku bener2 sangat termotivasi sekali dg tulisan mu yg ini..sungguh luar biasa.. keren..
    thanks ya kez... tetep semangat dalam Tuhan.. :) GOD BLESS YOU..

    BalasHapus
  3. terharu. so touched. coz baru2 ini gw jg terjerumus lagi ke "masa lalu" Kess.....firman Tuhan bener2 saling menguatkan satu sama lain yah, bahkan lewat blog orang2 lain sekalipun.

    BalasHapus
  4. BAGUSS...!!! Tuhan memberkati mu.. :)

    BalasHapus
  5. syahlom, lam knal kez
    bagus kez, ^_^

    BalasHapus
  6. bagusss... ^^
    semangat y kez..
    btw, kita uda kenalan lum yahh...
    salam kenal yah...
    hehe

    BalasHapus
  7. @mega.. iyaaa Tuhan Yesus jugaa sayang sm megaa :]

    inii anonim psti merisaa dehh.hihihii.. tenggs yaa mer.. we can do it :]

    @nonik.. tenggs yaa nonik sayaangs :] tlisan2 mu juga mmberkati kuu koqqq.hehee..

    @ci grace.. ci salam knal yaa.. klo blh taoo blog enn fb cici apaa?? soalna akuu pgn baca tlisan2 cici.hehee..

    @fajar.. God bless you too fajaaar :]

    @uly.. salaam knaal jugaaa.. inii tmen na ci liaa yaa??

    @yeny.. salaam knaal ..ohohooo.. kaya-na lumm dehh.. kmu pnya blog jugaa?? :]

    BalasHapus
  8. Yup, kez.. all about makanan.. hehe..
    seneng baca2 tulisanmu...
    Btw, km kenal ma ko Lius?? (Lius Iman Santoso)

    BalasHapus
  9. manaa blog muu??hehee.. akuu follow nnti.hhohooo..
    iyaa tenggs yaa yeny :]
    iyaa knaaal..kmu knal dia jugaa?? ehh add fb kuu dunk.hohoo..

    BalasHapus
  10. Keziaa, salam kenal yaah.. Aku pembaca setianya blog Ci Shinta, hehe..
    Kyknya masalah "masa lalu" adlh masalah yg menghantui hmpr setiap dr kita yah.. selalu susah utk "move on". Salut bgt sama km yg bs nulis ttg ini sedewasa ini.. Makasih ya, I feel blessed sama tulisan2 km, Ci Lia, dll yg sama2 lg membahas ttg ini..
    God bless! =)

    BalasHapus
  11. ni blog ku..: http://yenysbakery.blogspot.com/
    Sip2, ntar aku add fbmu jg.. hehehe..
    yup, dia dulu kakak kelas ku.. dia kan ambil s2 di UPH.. hehe

    BalasHapus

pliss give your comments to encourage me :)

Subscribe